Makanan Penyebab Asam Urat

Apa itu asam urat ?
Asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Munculnya penyakit asam urat sendiri biasanya ditandai dengan persendian yang membengkak dan terasa ngilu ketika digerakkan.



Penumpukan asam urat di dalam sendi adalah penyebab penyakit asam urat. Asam urat sejatinya merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang melalui ginjal dalam bentuk urine dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.
Selain makanan, kita juga bisa berisiko mengalami penumpukan sama urat di dalam darah jika mengonsumsi minuman manis (baik gula buatan maupun alami) dan minuman beralkohol secara berlebihan.
Lebih sedikitnya jumlah perempuan yang terkena penyakit asam urat dibandingkan laki-laki kemungkinan terkait dengan kondisi menopause. Setelah perempuan mengalami menopause, kadar asam urat dapat meningkat dan mulai merasakan gejala-gejala penyakit asam urat.

Makanan Penyebab Asam Urat


  • Jeroan
Jeroan merupakan makanan yang diolah dari berbagai organ tubuh dalam hewan. Jeroan seperti hati, ampela, paru, otak, limpa, ginjal, lidah, dan usus merupakan makanan yang sangat gurih dan disukai oleh banyak orang Indonesia. Makanan tersebut juga memiliki banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh.
Sebagai contoh, ati ayam atau sapi kaya akan kandungan vitamin B12, protein dan zat besi. Sayangnya, ati juga memiliki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga tidak baik bagi penderita asam urat. Jeroan lainnya juga memiliki purin yang tinggi sehingga wajib dihindari agar tidak menambah parah gejala asam urat.
  • Makanan Laut
Berbagai makanan dari laut atau seafood dikenal sebagai salah satu musuh bagi penderita asam urat. Beberapa seafood tersebut di antaranya adalah ikan teri, sarden, salmon, tuna, makarel, herring, cumi-cumi, dan sotong.
Selain itu, hewan laut bercangkang seperti kerang, tiram, kepiting, kerang, remis, lobster, dan udang juga harus dihindari. Jika Anda penggila seafood, cobalah untuk mengurangi porsinya atau imbangi juga dengan melakukan olahraga yang rutin.
  • Daging
Daging merah juga memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Daging merah tersebut berasal dari hewan berkaki empat seperti domba, kambing, sapi, dan kuda. Jika Anda mengkonsumsinya hanya sesekali saja tentu tidak menjadi masalah asalkan jangan terlalu sering. Memakan daging kambing atau domba terlalu sering juga dapat memicu tekanan darah tinggi.
Sedangkan untuk daging putih meskipun kadar purinnya lebih rendah, namun disarankan juga untuk tidak mengkonsumsinya terlalu sering. Beberapa daging putih tersebut berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa, kalkun, dan lainnya.
  • Makanan olahan
Makanan lainnya yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat adalah makanan olahan dari daging seperti abon dan dendeng. Keduanya memiliki kadar purin yang cukup tinggi sehingga harus dihindari. Berbagai makanan olahan di dalam kaleng juga cukup tinggi kadar purinnya seperti ikan sarden, kornet sapi, dan lainnya.
  • Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang banyak memiliki kandungan purin. Beberapa di antaranya adalah kacang tanah, kacang hijau, tauge, dan melinjo. Jika Anda merasakan sakit di sendi, maka mulailah untuk mengurangi konsumsi kacang-kacangan tersebut.
  • Alkohol
Minuman yang mengandung alkohol seperti bir dan wine juga tidak baik untuk penderita asam urat arena mengandung purin yang tinggi. Selain itu, bir yang dibuat dengan ragi jamur jenis Saccharomyces cerevisiae juga dapat memicu peradangan asam urat. Maka dari itu, hindarilah minuman beralkohol agar gejala asam uratnya tidak semakin parah.
  • Kafein dan Soda
Selain alkohol, minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh juga harus dihindari oleh para penderita asam urat. Selain itu, minuman berkarbonasi yang mengandung soda seperti minuman ringan juga wajib dihindari.
  • Beberapa Sayuran dan Buah-buahan
Beberapa jenis sayuran juga harus dihindari karena dapat memicu asam urat seperti jamur kuping, daun singkong, kol, bayam, daun pepaya, kangkung, asparagus, dan buncis. Sedangkan untuk buah-buahannya antara lain nanas, kelapa muda, dan durian.

Makanan Penyebab Asam Urat Lainnya

Selain berbagai macam jenis makanan di atas, masih ada beberapa makanan penyebab asam urat lainnya yang harus Anda hindari. Beberpa makanan tersebut di antaranya adalah:
  • Gorengan atau makanan yang digoreng
  • Makanan bersantan
  • Produk olahan susu seperti keju dan es krim
Itulah diantaranya makanan penyebab asam urat ,bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit asam urat hindarilah makan-makanan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab dan Mengobati Influenza

Benjolan Di Leher